BLANTERWISDOM101

Berlibur ke Malang murah meriah

Kamis, 13 Juni 2019
Assalamualaikum moms :)
Ketemu lagi nih dengan mama dua anak yang beranjak gede hehehehe....
Oh iya Mohon Maaf Lahir dan Bathin semuanyaaaa......
di blog kali ini mama CheCha mau berbagi pengalaman berlibur singkat satu hari pulang pergi dengan budget minim tapi tetep donk kudu happy :)

Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu di tagih anak wedok yang besar alias si kakak Cheryl buat liburan ke Malang. Berhubung si mamanya ini sebagai bendahara keluarga kan kudu hitung-hitung budget dari A sampai Z nya kan ya.....?
Akhirnya dengan perdebatan dan perhitungan yang alot di putuskanlah berlibur kali ini dengan naek kereta api dan tidak menginap (irit budget) :D

Waktu itu kami memesan tiket kereta Penataran tujuan Surabaya-Malang. Sengaja berangkatnya ambil yang jam pertama yaitu di jam 04:45 supaya bisa tiba di Malangnya jam 7:00 an gitu dengan harga @12.000 / tiket

Rencana kali ini tujuan liburan singkatnya ke :
-Kampung Tridi
-Kampung Warna-warni Jodipan
-Sengkaleng (karna kakak maunya berenang)

Ok sip...di hari - H berangkatlah kami pagi-pagi buta ke stasiun gubeng...tik...tok..tik...tok...setelah menunggu beberapa saat akhirnya kereta yang hendak kami tumpangi datang juga. Sesuai petunjuk tiket ketemulah sama tempat duduk kita. Oh iya sekarang tuh kereta ekonomi sudah nyaman banget loh. Duduknya sesuai tiket dan di semua gerbong sudha ada AC nya  jadi engga ada ceritanya naek kereta ekonomi berdesakan dan gerah hihihihi....(ini jaman dl banget kan yes :D)

Skip...kurang lebih 2 jam an perjalanan tibalah kami di stasiun Malang kota baru. Karena waktu juga masih pagi banget kayaknya ga mungkin kalo langsung ke lokasi tujuan. Akhirnya kami jalan ke arah selatan sedikit ketemulah sama warung makan yang legendaris di grup kuliner malang. Ya....kami sarapan di warung rawon Tessy...letaknya ga jauh dari stasiun. kebetulan karna kami pecinta rawon...jadinya kami pesan rawon empal...dan...rasanya emang enak banget. Kuah rawonnya kental dengan irisan daging yang empuk. Untuk harga juga lumayan lah....murmer kalo di lihat dari porsinya.
Setelah menunaikan sarapan pagi, selanjutnya kami menuju kampung Warna warni jodipan, cukup dengan berjalan kaki dan menyeberang jalan tibalah kami di lokasi. Mata langsung di manjakan dengan anek bangunan yang berwarna-warni...syegeeeer lihatnya :). Dengan bermodal tiket seharga @3.000 rupiah saja kita bisa menikmati berbagai warna yang di tuangkan di antara bangunan rumah-rumah nan cantik dan bersih. Daaaan.....uang tiket tadi bisa di tukar dengan stiker loh...tuh kurang murah apalagi cobak :D

Pintu Masuk Kampung Warna Warni

Selanjutnya dengan menyeberangi jembatan kaca menuju kampung Tridi. Di kampung Tridi ini pengunjung di suguhkan dengan berbagi spot foto yang instagramable banget. Untuk masuk ke kampung Tridi ini pengunjung di kenakan tiket masuk sebesar @3000 rupiah dan bisa di tukar dengan gantungan kunci di pintu keluar nantinya :).

Puas menikmati keindahan kedua kampung tersebut dan melihat waktu sudah menunjukkan pukul 10:00 akhirnya dengan naik grab car menuju taman wisata sengkaling. Sebenarnya bisa juga loh ke Sengkaling di tempuh dengan naik angkot 2x dari stasiun malang kota. Tapi berhubung si mama waktu itu lagi hamil besar jadi kami memutuskan naik angkutan online yang lebih praktis :)

Dan...tibalah kami di Sengkaling. kondisi sekarang tuh lebih bagus loh dari 2x kunjungan sebelumnya. Di sebelah pintu masuk sekarang sudah ada hotelnya. Waktu itu kami sengaja membeli tiket terusan seharga @50.000 biar ga beli-beli lagi kalo mau mainan :). Dengan harga tiket segitu worth it banget lah....murah meriah dan tentunya si kakak senang. Bisa berenang sepuasnya...poto-poto sepuasnya :).
Kolam Renang

Hotel Kapal

Pintu Masuk

Puas bermain....jam 16:30 kami keluar dari Sengkaling menuju stasiun malang kota karna tiket arah surabaya di jam 20:00. Karna waktu menunggu kereta masih lama, kami putuskan berjalan ke pujasera di seberang stasiun sambil ngisi perut biar nanti aman waktu di kereta "maklum bumil lagi doyan makan ".

Kurang lebih begitulah pengalaman kami bertiga sewaktu berkunjung ke malang dengan budget MINIMALIS hehehehe...next nunggu si adek gedean bisa ke sana lagi berempat. Aamiin

Kalkulasi budget liburan sehari Surabaya-Malang untuk 3 orang :
- Dari rumah ke stasiun  naik motor jadi no cost :)
-Tiket kereta PP @12.000 x 3 x 2 = 72.000
-Makan pagi di rawon tessy @18.000 x 3 = 48.000
-Tiket masuk kampung warna warni @3000 x 3 = 9.000
-Tiket masuk kampung tridi @3000 x 3 = 9.000
-Grabcar kampung tridi ke sengkaling 45.000
-Tiket masuk sengkaling @50.000 x 3 = 150.000
-Makan siang di dalam sengkaling @15.000 x 3 = 45.000
-Cemilan bawa dari rumah #hemat :)
-Grabcar dari Sengkaling ke Stasiun malang kota 42.000
-Makan di pujasera 50.000
Dengan budget 470.000 sudah bisa bikin si kakak happy :)