BLANTERWISDOM101

Pemanfaatan Sawit Untuk Kehidupan

Jumat, 13 September 2019
Hai moms
Siapa yang tidak kenal dengan sawit? Yap...sawit atau lebih tepatnya minyak kelapa sawit merupakan komoditi ekspor terbesar selain non migas. Minyak kelapa sawit adalah bahan dasar untuk membuat berbagai jenis kebutuhan. Mulai dari kebutuhan untuk bahan makanan, bahkan untuk bahan dasar alat kecantikan atau make-up yang kita pakai sehari-hari. Mengapa demikian, karena ternyata minyak kelapa sawit itu memiliki sifat dan karakteristik yang lembut, tanpa bau dan netral, dalam artian tidak akan mengubah tekstur dan rasa dari bahan yang akan di campurinya. 

Pemanfaatan minyak kelapa sawit untuk bahan kecantikan salah satunya yaitu untuk campuran lipstik. 
Mengapa minyak sawit dipilih sebagai bahan dasar untuk kosmetik, karena minyak kelapa sawit mengandung Vitamin E yang lebih besar di bandingkan kandungan Vitamin E pada minyak lain yaitu sebesar  1.172 ppm, selain itu vitamin E pada minyak kelapa sawit mengandung 20 persen tocopherols dan 80 persen tocotrienols yang keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Dalam campuran lipstik, minyak kelapa sawit memiliki karakteristik melembutkan dan melembabkan bibir serta mempertahankan warna dengan teksturnya yang mengkilap. 

Selain itu untuk alat kecantikan lain, pemanfaatan minyak kelapa sawit dapat kita temui dalam pelembab wajah, sabun mandi, shampoo, bedak dan lain-lain. Minyak kelapa sawit digunakan dalam bahan dasar sabun mandi karena mampu memberikan busa ketika terkena air, begitupun pada shampoo, sehingga badan rambut jadi bersih dan wangi.


Jadi sekarang kita sudah tau kan mom, begitu banyak kontribusi minyak sawit untuk berbagai keperluan dan kebutuhan kita. Dan  sawit adalah penyumbang devisa tertinggi bagi negara Indonesia, sawit berperan penting dalam mengantaskan kemiskinan dan membuka peluang kerja bagi rakyat, serta berperan dalam pengembangan energi terbarukan dan pengurangan emisi. Tanpa kita sadari sawit adalah ujung tombak untuk kemajuan dan masa depan Indonesia. "SAWIT KUAT INDONESIA HEBAT"

Semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat untuk semua ya moms. Dan terima kasih banyak buat penyelenggara lomba menulis artikel #SawitBaik dengan #BicaraSawit untuk Sawit Kuat Indonesia Hebat!







Share This :
Diary Tiga Bocah

Assalamualaikum..... Perkenalkan saya Indah, ibu dari dua orang putri cantik Kakak Che dan Adek Cha. Seorang working mom merangkap ibu RT hehehe... Suka sama craft, hobi memasak dan yang paling utama hobi makan (yg ini nih pengennya kurus tapi ngemil mulu)

0 komentar

Tambah teman tambah saudara ya moms :)

Memilih Pompa ASI

Menjadi working mom dengan anak bayi under satu tahun tentunya butuh yang namanya pumping di luar jam dbf ya moms. Si adek Cha kalo lagi sa...