BLANTERWISDOM101

Jumpa Pakar Breastfeeding

Senin, 15 Juli 2019
Ceritanya sabtu kemaren tanggal 6 Juli 2019 di ajakin salah satu teman via WA untuk ikutan acara seminar di hotel Sheraton dengan dengan judul "Breastfeeding 911- Sukses memberi ASI dalam berbagai kondisi". Dari judulnya aja udah penasaran banget kan ya..akhirnya tanpa pikir panjang langsung mengIYA kan ajakan beliau :). Karena kebetulan acaranya memang di peruntukkan untuk ibu hamil dan menyusui.  Acara ini di sponsori oleh Pigeon Indonesia dan Majalah AyahBunda.

Dr. Tiwi dan Dr. Luh sebagai pembicara acara kemaren, menjabarkan secara lengkap tentang semua mitos yang selama ini beredar dimasyarakat seputar ibu hamil dan menyusui/memberikan ASI. 

Apa aja sih mitos menyusui itu?
Salah satunya yang di bahas disini adalah tentang kecukupan ASI. Banyak dari ibu beranggapan "ah...ASI ku kayaknya kurang deh...bayiku ga kenyang, dan pada akhirnya harus menyerah ke susu formula :)" #itu mama checha dulu waktu jaman si kakak Che , karna kurangnya ilmu dan dukungan dari berbagai pihak. Beruntungnya di adek Cha ini suami dan keluarga amat sangat mendukung sekali untuk bisa ASI eksklusif sampai 2 (dua) tahun...Bismillah...Aamiin.

Ternyata oh ternyata segini loh ukuran lambung bayi itu :) 
Hari ke-1  asupan yang bisa diterima (5-7ml)
Hari ke 2 asupan yang bisa diterima (22-27ml)
Hari ke-10 asupan yang bisa diterima (60-80ml)
Hari ke-30 asupan yang bisa diterima (80-150ml)
Jadi ga ada ceritanya bayi kekurangan ASI di awal kelahirannya ya moms...karna lambungnya juga masih sangat kecil. So....ga ada alasan buat berpaling kan hehehehe.

Bayi yang full ASI ternyata juga mudah lapar loh...mau tau kenapa? 
Itu karena ASI sangat mudah di cerna, dan semua nutrisi dalam ASI sangat cocok dan diserap sempurna oleh tubuh bayi. Jadi jangan heran kalo bayi kita dikit-dikit minta minum :)

Enzim-enzim apa saja sih yang terkandung dalam ASI?
1. Laktosa : enzim ini sifatnya asam dan salah satu fungsinya yaitu untuk membunuh kuman penyebab diare
2. Lemak : untuk menambah masa otot
3. Protein : untuk menambah berat badan bayi

Terkadang sebagai ibu, merasa galau karna ASI kita encer ya moms...apalagi ketika membandingkannya dengan ibu yang ASInya kentel, ternyata semua ada ilmunya loh moms. Jadi...ASI itu ada 2 (dua) jenis yaitu :

  1. Foremilk : ASI yang berbentuk encer/ bening biasanya keluar di awal menyusui/pumping. Foremilk mengandung laktosa dan anti body tinggi sehingga bayi ASI sangat jarang sakit pencernaan.
  2. Hindmilk : ASI yang bentuknya kental biasanya keluar setelah foremilk. Hindmilk mengandung banyak lemak yang fungsinya sebagai boster untuk menaikkan berat badan bayi

Jadi......ga ada alasan lagi untuk memberikan hak bayi kita kan moms...karna sejatinya proses sukses mengASIhi itu hanya dari niat dan keinginan kuat dari seorang ibu :). Semangat mengASIhi buat semua pejuang ASI.

Alhamdulillah dapat kesempatan poto bareng Bapak Moderator (gini aja si mama sudah girang loh ) 




Share This :
Diary Tiga Bocah

Assalamualaikum..... Perkenalkan saya Indah, ibu dari dua orang putri cantik Kakak Che dan Adek Cha. Seorang working mom merangkap ibu RT hehehe... Suka sama craft, hobi memasak dan yang paling utama hobi makan (yg ini nih pengennya kurus tapi ngemil mulu)

0 komentar

Tambah teman tambah saudara ya moms :)

Memilih Pompa ASI

Menjadi working mom dengan anak bayi under satu tahun tentunya butuh yang namanya pumping di luar jam dbf ya moms. Si adek Cha kalo lagi sa...