BLANTERWISDOM101

Cara klaim kacamata dengan BPJS kesehatan

Kamis, 26 September 2019
Setelah beberapa tahun saya bertahan dan kekeuh ga mau make kacamata, ternyata hari ini saya harus menyerah dan merelakan merubah tampil dengan wajah baru berlensa....haduuuuh. Berawal dari keluhan si mata kanan yang sering banget ngerasa buram kalo mandang komputer dalam waktu lama bahkan seringnya sampai keluar air mata dan perih, lalu puncaknya hari senin kemaren tiba-tiba mata kanan keluar darahnya...duh...worry banget. Suami sudah obrak-obrak nyuruh ke dokter buat periksa takutnya kenapa-kenapa tapi akupun kekeuh masih bertahan ("dasar bandel"). Tapi makin di biarin koq malah semakin pusing. Puncaknya rabu pagi itu kepala rasanya beraaat banget, pusing, mata berkunang-kunang gitu. Ah sudahlah...kuputuskanlah pergi ke klinik berbekal kartu BPJS.


Awalnya ragu juga sih, takut susahlah kalo mau klaim BPJS tapi kalo ga mencoba kan malah penasaran, eh ternyata mudah dan cepat banget prosesnya asal sesuai prosedur. jadi kira-kira beginilah urutan prosedur klaim kacamata dengan BPJS kesehatan.

  1. Datang ke Faskes I dengan membawa BPJS pastikan BPJSnya aktif. Nanti disana akan di periksa sama dokter jaga di tanya keluhannya apa. Kalau dokter di Faskes I alatnya kurang lengkap pasti bakal di kasih rujukan ke Faskes II yang lebih lengkap periksanya. Kebetulan akupun di kasih rujukan ke Faskes II.
  2. Esok harinya yaitu kamis pagi, sengaja berangkat pagi biar ga terlalu siang nanti selesainya. Eh sampai sana ternyata dapat antrian nomor 16, yasudahlah mungkin kurang pagi berangkatnya..hehehehe. Kurang lebih 15 menitan menuggu akhirnya di panggilah nomorku. Di suruh isi data dan keluhannya lalu di ambil sidik jarinya sebanyak 10 kali yaitu kanan 5 dan kiri 5. usai itu di suruh duduk lagi sambil menunggu panggilan selanjutnya. 
  3. Beberapa menit kemudian di panggil lagi untuk di periksa dan masuk keruang periksa. ternyata di dalam sudah ada beberapa suster dengan job desk masing-masing. Pertama periksa dengan menggunakan alat digital yang namanya kalo ga salah Auto Refracto Keratometer. Selanjutnya periksa manual dengan mengenali huruf dengan mencobakan beberapa lensa sesuai kenyamanan saat membaca.
  4. Kemudian menunggu giliran lagi untuk di periksa sama dokter mata untuk membacakan hasil pemeriksaan sebelumnya tadi. Di dokter ini masih ada juga pemeriksaan lebih lanjut dan kemudian di kasihlah resep berupa tetes mata sesuai keluhannya.
  5. Menunggu antrian lagi untuk di panggil ke kasir dan ambil obat di apotik. Kemudian kasir memberikan surat untuk mengambil kacamatan sesuai dengan hasil pemeriksaan di optik terdekat yang berlogo BPJS.
  6. Udah deh terakhir menuju optik yang bekerjasama dan klaim kacamatanya. 

Kebetulan di optik yang saya datengin pilihan kacamatanya cukup banyak dan di sesuaikan dengan kelas BPJS yang di ambil. Jika dirasa frame yang di inginkan harganya lebih mahal dari hak kelas yang didapat, pasien tinggal menambah sesuai kekurangan harga, yaitu :

Kelas I sebesar 300.000
Kelas II sebesar 200.000
Kelas III sebesar 150.000

Kurang lebih seperti itu prosedur klaim kacamata menggunakan BPJS kesehatan. Jadi jangan tunggu lama, kalau di rasa matanya sudah tidak nyaman segera manfaatkan kartu BPJS yang di punya ya moms :). 

Share This :
Diary Tiga Bocah

Assalamualaikum..... Perkenalkan saya Indah, ibu dari dua orang putri cantik Kakak Che dan Adek Cha. Seorang working mom merangkap ibu RT hehehe... Suka sama craft, hobi memasak dan yang paling utama hobi makan (yg ini nih pengennya kurus tapi ngemil mulu)

4 komentar

Tambah teman tambah saudara ya moms :)

  1. Berkat baca blog nyaa..aku langsung nge klaim kacamata pake BPJS lhoo..
    Makasiihh yaaa.. 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay...lumayan ya moms...dan 1 peserta d batasi 2 tahun sekali untuk klaim kacamatanya

      Hapus

Memilih Pompa ASI

Menjadi working mom dengan anak bayi under satu tahun tentunya butuh yang namanya pumping di luar jam dbf ya moms. Si adek Cha kalo lagi sa...