BLANTERWISDOM101

Kenali IMD kunci suksesnya ASI untuk tumbuh kembang bayi

Sabtu, 15 Agustus 2020

Assalamualaikum mamsi, apa kabar nih, semoga sehat selalu ya


Ngobrolin soal ASI nih mamsi kebetulan saat ini adalah pekan ASI yang biasa diperingati mulai tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya,  aku sebagai Pejuang kASIh mau sedikit berbagi pengalaman selama menyusui adek Raesya. Rasanya seperti mimpi aku bisa sukses memberikan ASI buat adek Raesya sampai beberapa bulan lagi adek lulus S3 ASI.  Senang bercampur sedih sebenarnya mamsi,  senang karena bisa memberikan hak ASI buat adek dan sedih karena sebentar lagi harus menyapih. 


Sebenarnya tidak mudah mamsi proses mengASIku, karena di samping aku bukan mama yang berlimpah ASI aku juga sebagai mama pekerja yang sangat rentan stress yang akhirnya sangat berdampak juga sama produksi ASI.  


Proses sukses mengASIhi sebenarnya berawal semenjak kelahiran adek bayi.  Bagaimana perlakuan pihak rumah sakit dan perawat pasca bayi lahir, karena tak jarang ada beberapa rumah sakit bersalin yang tidak proASI.  Karena semua mama pasti menginginkan bayinya mendapat manfaat ASI,  oleh karenanya perlu sekali mengetahui informasi tentang IMD sebagai kawal awal untuk selamanya. 


Apa itu IMD? Inisiasi menyusui dini atau disebut dengan IMD adalah tahapan paling penting untuk dilakukan ibu dan bayi setelah proses persalinan. IMD merupakan proses memberikan ASI sesegera mungkin pada adek bayi dalam 30-60 menit setelah kelahirannya. IMD berperan penting untuk suksesnya proses menyusui ke depannya, terutama saat ingin memberikan ASI eksklusif.


Selain itu, adanya sentuhan kulit langsung (skin-to-skin contact) selama inisiasi menyusui dini juga dapat menjadi momen ‘perkenalan’ yang menciptakan bounding dengan si kecil. Bayi pun bisa merasa semakin nyaman dan dekat dengan kita karena ia bisa terus didekap dan mendengar detak jantung mamanya sewaktu menyusui.


IMD dilakukan setelah badan bayi diperiksa dan dibersihkan, perawat nantinya akan langsung meletakkan si kecil di atas dada kita dalam kondisi telanjang, dengan badan bayi ditutupi selimut agar ia tidak kedinginan.


Selanjutnya, biarkan bayi yang aktif bergerak sendiri mengikuti nalurinya untuk mencari puting payudara kita. Selama proses IMD, kita tidak disarankan untuk membantu bayi atau sengaja memindahkan posisinya agar lebih cepat mendekat ke puting. Biarkan keseluruhan interaksi antara ibu dan bayi yang baru lahir berjalan secara alami. Dan proses ini sangat menyentuh sekali loh mamsi.  Aku masih ingat betul bagaimana reaksi adek Raesya waktu IMD,  rasa haru bercampur bahagia waktu itu. 


Menurut penelitian IMD sangat banyak manfaatnya,  diantaranya :


1. Membuat mama dan bayi lebih rileks


Saat IMD, tubuh Ibu akan mengeluarkan hormon endorfin setelah melahirkan. Endorfin adalah hormon yang diproduksi otak saat manusia merasa bahagia. Hormon ini juga berfungsi untuk meredakan stres dan memberikan sensasi rileks.


Nah, selama inisiasi menyusui dini, hormon endorfin Ibu juga akan disalurkan ke bayi lewat ASI. Alhasil, keduanya jadi lebih merasa rileks dan bahagia akan kehadiran satu sama lain.


Inisiasi menyusui dini yang langsung dilakukan juga dapat membuat si kecil merasa lebih tenang dan nyaman saat baru pertama kali lahir ke dunia karena mendapat sentuhan lembut dari mamanya.



2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi


Memulai inisiasi menyusui dini artinya seorang ibu akan memberikan tetesan ASI pertama kali langsung untuk si kecil. Dalam dunia medis, cairan ASI pertama yang kental berwarna kekuningan disebut kolostrum. Kolostrum ini memiliki banyak manfaat penting untuk jangka panjang kehidupan si kecil. 


ASI pertama ibu atau yang kita kenal sebagai kolostrum mengandung antibodi yang tinggi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi setelah lahir. Kolostrum yang didapat dari inisiasi menyusui dini juga berguna untuk bantu melawan infeksi dan mencegah risiko bayi terkena sakit kuning setelah lahir.



3. Mengatur suhu tubuh dan detak jantung bayi


Proses Skin to skin saat inisiasi menyusui dini juga dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi baru lahir. Secara tidak langsung, paparan dari suhu kulit Ibu yang normal dapat membantu menstabilkan pola detak jantung dan pernapasan si kecil. Alhasil, bayi akan merasa nyaman, hangat, dan tidak menangis terlalu lama saat didekap Ibu sewaktu menyusui.



4. Melancarkan proses menyusui eksklusif


Inisiasi menyusui dini juga memegang peran penting akan suksesnya pemberian ASI eksklusif buat si kecil kedepannya. 


Manfaat ini ada hubungannya dengan interaksi antarkulit langsung antara ibu dan bayi. Selama proses IMD, bayi dapat mulai menghafal fitur wajah Anda, sembari mencocokkan suara Anda dengan wajah tersebut sebagai ibunya. Si kecil juga mulai mengandalkan indra penciumannya untuk mengarahkan dirinya menemukan puting dari aroma kulit Ibu.  Bayi baru lahir juga memiliki indra perasa yang sangat sensitif terhadap rasa ASI.



Selama proses menyusui adek Raesya tantangan paling berat dimulai dari produksi ASI yang tidak lancar sehingga menyebabkan kurangnya stok ASIp di freezer. Sedangkan selama aku tinggal kerja delapan jam, adek Raesya perlu kurang lebih lima sampai enam botol ASIp. Jadi mau ga mau karena aku bertekad untuk memberikan ASI eksklusif aku berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan ASI adek Raesya.  


Salah satu upaya yang aku lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein terutama kacang-kacangan dan ikan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas ASI. Selain itu sebagai booster ASI aku juga rutin minum Herba Asimor. 


Aku memilih Herba Asimor karena,  Herba Asimor adalah produk herbal untuk membantu melancarkan ASI yang terbuat dari kombinasi dua tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI. 



Herba Asimor juga mengandung tambahan bioactive protein fraction dari ikan gabus.  Jadi Herba Asimor ini memang produk herbal yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui supaya produksi ASI nya lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan ASI adek bayi untuk dukung tumbuh kembangnya.  


Untuk mamsi sesama Pejuang kASIh,  mamsi juga bisa loh mengkonsumsi Herba Asimor supaya ASI nya lancar dan adek bayi kenyang.  Oh iya masih dalam rangka memperingati pekan ASI,  Herba Asimor juga memberikan diskon 10%  dengan menggunakan kode GOAPMOMS untuk pembelian melalui 

https://bit.ly/1monthbundleASR


Mamsi juga bisa loh mengakses website www.asimor.co.id untuk info seputar IMD dan menyusui. Yuk jadi mama yang peduli bayi dengan berusaha memberikan ASI untuk si kecil. 

Share This :
Diary Tiga Bocah

Assalamualaikum..... Perkenalkan saya Indah, ibu dari dua orang putri cantik Kakak Che dan Adek Cha. Seorang working mom merangkap ibu RT hehehe... Suka sama craft, hobi memasak dan yang paling utama hobi makan (yg ini nih pengennya kurus tapi ngemil mulu)

2 komentar

Tambah teman tambah saudara ya moms :)

  1. Asimor bikin asi lancar ya mom..

    BalasHapus
  2. Pas banget nih lagi cari informasi soal ASI, langsung deh cuss minta beliin ASIMOR

    BalasHapus

Memilih Pompa ASI

Menjadi working mom dengan anak bayi under satu tahun tentunya butuh yang namanya pumping di luar jam dbf ya moms. Si adek Cha kalo lagi sa...